Konon sejak abad ke 17 Masehi,
Lukisan Kaca telah dikenal di Cirebon, bersamaan dengan berkembanganya Agama
Islam di Pula Jawa. Pada jamannya pemerintahan Panembahan Ratu di Cirebon,
Lukisan Kaca sangat terkenal sebagai media dakwah Islam yang berupa Lukisan
Kaca Kaligrafi dan berupa Lukisan Kaca Wayang. Sejalan dengan perkembangan
waktu, maka perkembangan Lukisan Kaca masih terasa eksistensinya sebagai
Cinderamata Spesifik Khas Cirebon.
Mengapa
Lukisan Kaca disebut sebagai produk spesifik? hal itu dikarenakan Lukisan
Kaca Cirebon dilukis dengan teknik melukis terbalik, kaya akan gradasi warna
dan harmonisasi nuansa dekoratif serta menampilkan ornamen atau ragam hias
Motif Mega Mendung dan Wadasan yang kita kenal sebagai Motif Batik Cirebon.
Selanjutnya perkembangan Lukisan Kaca Cirebon boleh dikatakan
"Booming" ketika pada kurun waktu 1980-1990 Sang Maestro Lukisan
Kaca Cirebon TOTO SUNU menggebrak dengan Lukisan Kaca Super Besar bahkan
tidak hanya besar ukurannya tetapi Nuansa Dekoratifnya demikian hidup dan
terlihat sangat menawan. Banyak sekali karya-karya TOTO SUNU yang menjadi
koleksi para Kolektor Lukisan, sehingga sangatlah wajar apabila Gaya dan
Teknik lukisannya menjadi kiblat para Pelukis Muda hingga saat ini.
Kalau Toto
Sunu mengusung Gaya Dekoratif Modern, maka lain lagi halnya dengan RASTIKA
yang mengusung Gaya Dekoratif Klasik. Kedua maestro Lukisan Kaca Cirebon
tersebut memiliki kekuatan yang sama dalam penuangan kreatifitasnya, justeru
dengan perbedaan pada Gaya yang dianutnya membuat Lukisan Kaca Cirebon
terkenal diseantero Nusantara bahkan Mancanegara. Kedua Kutub dengan Gaya
berbeda telah melahirkan puluhan Pelukis Muda yang berbakat dalam dunia seni
lukis kaca bahkan dari kedua tokoh tersebut sangat menentukan dalam
melahirkan regenerasi Pelukis Kaca Cirebon.
Terlepas
dari semua itu, saat ini Lukisan Kaca Cirebon banyak dijadikan sebagai objek
pembinaan dan pengembangan program peningkatan Usaha Produk Etnik yang
diharapkan dapat mendongkrak Indeks Daya Beli. Beberapa diantaranya Lukisan
Kaca Cirebon saat ini diarahkan kepada pembuatan produk massal yang lebih
memungkinkan dalam peningkatan kapasitas produksi, peningkatan teknik
produksi berorientasi pasar serta peningkatan diversifikasi produk untuk
melahirkan Produk Cinderamata yang berbasis etnik.Seperti tak pernah kenal
lelah Pemerintah Kota Cirebon melalui Disperindag dan Dekranasda Kota
Cirfebon terus berupaya untuk meningkatkan Perkembangan Lukisan Kaca Cirebon.
Kendala
klasik yang menjadi halangan perkembangan Lukisan Kaca Cirebon adalah
perluasan pangsa pasar, karena tidaklah mudah mengalihkan masyarakat konsumen
dari kebutuhan secunder ke kebutuhan primer. Kuncinya hanyalah ada pada
ketersediaan produk Lukisan Kaca yang bermutu baik, berharga murah dan
terjangkau , serta mudah dibawa dan mudah mencarinya. Hal ini membutuhkan
keseriusan, ketelatenan dan kesabaran dalam menyikapi perkembangan Lukisan
Kaca Cirebon.
Akhirnya ,
setelah sekian abad Lukisan Kaca Cirebon dikenal orang, masih banyak yang
harus dilakukan dalam mempromosikan produk tersebut. Salah satunya melalui
Promosi Internet yang kini menjadi sasaran dalam dunia perdagangan produk
baik seni maupun kerajinan, sementara para pengguna internet telah mewabah
diseantero jagat ini dan bukan mustahil Promosi Internet lebih banyak mamfaatnya
bagi produsen barang seni dan kerajinan termasuk Produk Lukisan Kaca Cirebon.
Kehadiran
DURIAN 19 ARTS bersama situsnya yang bernama durian19-arts.com memiliki
banyak peluang dalam promosi Produk Lukisan Kaca Cirebon , walaupun memang
bukan yang pertama dalam melakukan promosi melalui internet. Namun setidaknya
kehadiran durian19-arts.com akan melengkapi wahana promosi bagi Pelukis Kaca
Cirebon lainnya. Mudah-mudahan dengan kehadiran situs ini akan memberikan
mamfaat bagi perkembangan Lukisan Kaca Cirebon yang dapat meningkatkan
kesejahteraan bagi para Pelukis Kaca Cirebon. Semoga.
|
Rabu, 03 April 2013
Diposting oleh
Unknown
di
05.20
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar